Mana yang lebih baik? Memperbaiki komputer lama atau beli komputer baru?

Biasanya, ketika kita menemukan komputer yang kita pakai mengalami kendala atau masalah, ingin rasanya segera melempar atau membuang komputer tsb, lalu membeli komputer baru. Namun perlu dipahami, apakah hal seperti  itu benar-benar menyelesaikan masalah ? 

Walaupun budget/ dana yang Anda punyai cukup untuk membeli komputer baru, tetap saja ada kondisi dimana kami menyarankan sebaiknya Anda cukup memperbaiki komputer Anda yang lama. (Beda kalau ceritanya Anda memang tidak punya komputer saat ini, hehe).

Namun ada juga beberapa kondisi yang memang seharusnya Anda mengganti komputer lama Anda dengan yang baru. Beberapa tips yang akan kami kemukakan selanjutnya bukanlah permasalahan mana alternatif yang baik dan mana alternatif yang buruk tapi lebih kepada mana yang lebih baik dari dua alternatif tsb (membeli komputer baru ataukah memperbaiki komputer yang lama).

Hal ini pernah saya alami sendiri. Saya mempunyai sebuah laptop 14 inch merk Asus. Laptop ini keluaran tahun lama tapi prosesor nya disenjatai dengan kecepatan yang cukup mumpuni. Suatu ketika saya merasakan laptop tersebut lemot sekali. Yang terlintas di benak saya adalah ingin rasanya mengganti nya dengan laptop baru. Tapi ternyata setelah saya otak atik sedikit ternyata masalahnya hanya pada penggunaan aplikasi tertentu yang eror atau kurang pas. Saya pun mengganti aplikasi tsb dengan yang lain, yang lebih smooth, laptop pun kembali lancar jaya.

gambar tips membeli komputer baru atau memperbaiki komputer lama

Tips. Mengapa sebaiknya Anda memperbaiki komputer yang Anda gunakan sekarang ketimbang membeli yang baru.

1. Budget (Anggaran dana yang tersedia). Faktanya, biaya untuk membeli komputer baru selalu lebih mahal daripada biaya perbaikan komputer. Dan mungkin faktor biaya ini merupakan faktor yang paling menentukan dalam pertimbangan apakah membeli komputer baru atau memperbaiki komputer lama.

2. Data. Bagaimana dengan data atau file yang tersimpan di komputer lama Anda? Jika Anda membeli komputer baru, Anda tentu harus memindahkan data lama Anda bukan? Yah, memang Anda bisa melakukannya sendiri. Tapi bagaimana jika komputer Anda tidak bisa booting (hidup)? Bagaimana jika Anda tidak tahu bagaimana cara mentransfer data tsb dari komputer lama ke komputer baru? Atau karena faktor-faktor lain. 

Pengalaman saya ketika mengganti laptop saya ke yang baru. Ada beberapa file yang hilang walaupun sudah saya copy (terlewat saat mengcopy, nama file terlalu panjang sehingga saya delete sebelum mentransfer, atau karena kelupaan, dll). Begitu juga dengan beberapa settingan yang harus saya setting lagi begitu saya mengganti komputer.

3. Aplikasi.
Anda tentu harus mengulang kembali instalan aplikasi Anda. Beberapa mungkin harus Anda download lagi. Dan beberapa aplikasi berbayar bahkan tidak bisa diinstal kalau tidak ada product key nya. Sayangkan jika Anda sudah membayar beberapa ratus dollar utk membeli aplikasi lalu aplikasi tsb tidak bisa digunakan lagi gara-gara Anda membeli laptop baru dan Anda tidak tahu product key aplikasi tsb. 

Tips. Mengapa sebaiknya Anda membeli komputer baru.

1. Usia komputer. Sebenarnya yang jadi masalah bukan usianya tapi performa komputer tsb yang bisa diakibatkan usia yang sudah berumur. Misalnya kecepatan komputer tsb melambat karena usia komputer yang sudah puluhan tahun.

2. Spesifikasi. Jika Anda ingin mengubah komputer 10 inchi lama Anda ke komputer baru dengan layar lebih besar, Anda mesti memilih untuk membeli baru. Misalnya lagi komputer lama tidak punya CD/ DVD Writernya, atau kecepatan CPU nya Cuma 1 GHZ.

3. Kerusakan parah pada komputer. Misalnya bagian komputer yang rusak adalah motherboard, maka sebaiknya beli komputer baru saja.

Penutup.
Beberapa tips diatas dapat Anda gunakan untuk personal computer (PC) berbentuk desktop, ataupun laptop. Pilihan antara membeli komputer baru ataupun memperbaiki komputer lama tentunya tergantung pada keputusan Anda. Pilihlah tempat service komputer yang terpercaya untuk urusan perbaikan komputer Anda. Dan jika keputusan Anda adalah membeli yang baru maka pertimbangkan harga, merk, dan spesifikasi dari komputer baru tsb.

Demikianlah artikel kami kali ini tentang pertimbangan antara membeli komputer baru atau memperbaikinya. Semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat untuk Anda dan Terimakasih!

Mana yang lebih baik? Memperbaiki komputer lama atau beli komputer baru? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deni wahyudi