Apa saja Kelebihan dan kekurangan Lampu LED?

Kita akan bicara tentang lampu lED secara general, dan terkhusus pada kelebihan dan kekurangannya.


Pengertian Lampu LED

Lampu LED adalah jenis lampu yang menggunakan teknologi LED atau Light Emitting Diode, yaitu semikonduktor yang bekerja mengubah energi listrik yang diterimanya menjadi cahaya. Teknologi LED ini terus di kembangkan karena lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Bahkan diproyeksikan di masa datang lampu LED ini akan mendominasi jenis lampu yang ada.

dioda pada lampu LED


Fungsi lampu LED

Fungsi utama tentu saja sebagai media atau alat penerangan. Meskipun juga bisa digunakan untuk penanda. Di perangkat elektronik yang Ada di rumah Anda, seperti : televisi, komputer, handphone, ada tidak lampu kecil yang akan menyala jika perangkat elektronik tsb dinyalakan? Itulah lampu led yang menjadi penanda bahwa perangkat elektronik tersebut sedang dalam posisi on atau hidup.
Lampu Led saat ini umumnya berguna untuk menerangi ruangan di rumah, di jalan, di taman, lampu emergency, dan masih banyak lagi fungsi atau kegunaan lampu lED.

Plus : Lampu LED, hemat energi

Lampu Led dikenal sangat hemat energi, bahkan hingga 80-90 persen dibandingkan jenis lampu pijar. Lampu jenis ini mampu mengeluarkan cahaya yang terang tapi dengan sumber listrik yang jauh lebih rendah, sehingga biaya tagihan listrik rumah dapat dihemat. Anda juga bisa memanfaatkan lampu jenis ini pada sumber listrik alternatif yang daya listrik nya (watt) terbatas semisal tenaga listrik mikrohidra (menggunakan turbin dengan tenaga air) ataupun sumber listrik berupa aki.

Minus : Harga “relatif” mahal

Lampu  LED sebenarnya sudah ada pada jangka waktu yang cukup lama tapi baru saat ini di efektifkan penggunaannya seiring ditemukan nya cara untuk memproduksinya dengan biaya yang lebih murah dan meningkatkan manfaat nya.

Namun tetap saja, saat ini jika dibandingkan dengan harga lampu jenis lain, harga lampu LED masih tergolong lebih mahal. Namun sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi maka sangat besar kemungkinan harga jual lampu LED akan semakin murah.

Plus : Longlife time atau umur lampu yang jauh lebih lama (baca: awet)

Harga yang mahal sebanding dengan hematnya tagihan listrik anda dan juga daya tahan lampu jenis LED ini jauh lebih baik dibandingkan jenis lampu lainnya semisal lampu pijar ataupun CFL. Usia lampu yang satu ini diklaim lebih dari 50.000 jam atau kira-kira setara dengan 5 tahun, bahkan beberapa vendor pencipta lampu Led mengklaim bahwa produknya mampu bertahan lebih dari 150.000 jam atau setara dengan 15 tahun. Sebuah angka yang tidak mungkin terbayangkan pada jenis lampu lain.

Daya tahan lampu yang awet dikarenakan pada lampu LED menggunakan dioda sebagai penghasil cahaya, yang tidak menghasilkan panas berlebih sehingga tidak merusak rumah lampu dan tidak mudah putus. Dioda sendiri merupakan perangkat yang berwujud keras, berbeda dengan perangkat pada jenis lampu lain sehingga wajar bisa lebih tahan lama.

Minus atau plus : Cahaya yang dihasilkan tidak panas.

Faktor ini bisa saja menjadi kekurangan apabila lampu ini hendak diterapkan untuk memanaskan ruangan, untuk beternak ayam misalnya .  Seperti yang kita ketahui, lampu pada kandang ayam berfungsi untuk menghangatkan suhu tubuh terutama berguna pada anak ayam yang masih kecil supaya tidak kedinginan sehingga terhindar dari penyakit dan mengurangi resiko kematian ayam tsb.
Hal itu bisa terjadi karena lampu LED tidak memproduksi sinar UV (ultra violet) sehingga panasnya minim.

Minus : Pandangan masyarakat yang “negatif” terhadap lampu lED.

Lampu LED sebagai lampu utama masih hal baru. Di rumah-rumah masyarakat sudah terbiasa menggunakan lampu pijar ataupun CFL.  Bagi kalangan tertentu yang masih sulit menerima perubahan, penggunaan lampu lED masih merupakan hal tabu. Hal itu tentu sebuah kendala dan tantangan tersendiri bagi pemasaran produk berbasis lED ini.

Berdasarkan pengalaman penulis sendiri, lampu LED yang penulis pakai di rumah berjumlah tidak kurang dari 8 buah. Umur pemakaian nya sudah 1 tahun lebih, dan masih awet berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi menurut penulis sendiri, lampu lED ini sangat berguna sekali.

Namun penulis juga temui ada lampu LED yang bukan merk branded yang cepat rusak. Artinya penggunaan material dan komponen pada lampu lED merk tsb kualitasnya rendah. Lampu LED di tanah air saat ini diproduksi oleh berbagai produsen, dan kita tidak bisa menyamaratakan kualitas produksi mereka.

Saran saya : cukup berhati-hatilah dalam memilih lampu LED dari merk tertentu. Gunakan merk yang umum dibeli masyarakat atau lihat dulu kemasan dan nama brand dari produk lampu LED tsb. Lampu LED yang terlalu murah juga patut di pertanyakan namun tidak selalu berarti lampu LED murah kualitasnya buruk.

Plus : Lampu LED ramah lingkungan

Mengapa dikatakan lampu LED lebih ramah lingkungan? Karena lampu lED tidak mengeluarkan sinar ultra violet yang dapat merusak mata dan kulit, karena lebih hemat energi sehingga menghemat sumber daya alam untuk menghasilkan listrik, dan karena tidak mengandung zat mercury yang dapat mengganggu kesehatan pada manusia dan merusak lapisan ozon.


Kesimpulan

Dibalik keunggulan yang ada pada lampu LED, memang masih terdapat beberapa kekurangan saat ini, terutama pada soal harga nya yang relatif mahal. Namun pilihan tetap ditangan Anda. Saran kami, pertimbangkan terlebih dahulu untuk membeli jenis lampu LED yang sesuai dengan kebutuhan dan belilah di tempat yang menjual dengan harga yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan lampu LED yang dapat kami berikan kali ini.  Semoga bermanfaat untuk Anda.



--Tunjukkan bahwa Anda cerdas, dengan tidak menjiplak tulisan di website ini. Copyright www.tokobelanjaonlinemurah.com

Apa saja Kelebihan dan kekurangan Lampu LED? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tokobelanjaonlinemurah dotcom