Cara mudah mengetes batu akik asli atau palsu

Membedakan batu akik asli dan palsu sangat penting supaya Anda tidak tertipu oleh ulah jahil penjual batu akik. Cara menguji batu akik asli atau palsu sebenarnya sangatlah mudah. Selain itu, diperlukan juga pengetahuan tentang ciri2 batu akik yang hendak Anda beli karena masing-masing jenis batu akik memiliki keunikan tersendiri.

Mengetes batu akik asli dan palsu.

Sebelum membedakan batu akik asli atau palsu, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu batu akik. Batu akik adalah jenis batu mulia yang terbentuk dari mineral atau fosil (hewan atau tumbuhan) yang mengkristal akibat proses kimiawi didalam tanah selama beratus bahkan berabad-abad tahun lamanya. Apabila batu akik ini dibiarkan mengkristal lebih lama lagi maka akan menjadi diamond atau berlian.

Mengapa mengetes batu akik itu penting? 

Uji tes batu akik asli atau palsu penting untuk bisa menentukan harga pembelian yang pas. Semakin langka batu akik maka harganya semakin mahal. Banyak orang terutama yang pengetahuan nya masih awam tentang batu akik malah tertipu, membeli terlampau mahal untuk batu akik kualitas jelek. Beberapa contoh misalnya :


  • Membeli batu akik karena warnanya saja. Warna batu akik memang indah tapi harus dilihat juga faktor lainnya jangan hanya melihat dari warnanya saja. Tidak setiap batu berwarna adalah batu akik. Batu koral pun ada yang berwarna tapi harganya lebih murah kan? 
  • Membeli batu akik yang tidak tembus cahaya dengan harga mahal dari semestinya. Salah satu hal penting yang menyangkut keindahan batu akik adalah tembus atau tidaknya batu akik tersebut. Batu akik yang tembus, cirinya apabila tidak disenteri akan terlihat indah, bening seperti kaca, dan apabila disenteri maka terlihat lebih indah lagi, cahaya yang diterimanya memancar eksotis. Hal inilah yang membedakan dengan batu biasa seperti batu koral atau batu kali. Apabila batu akik tersebut tidak tembus cahaya maka batu akik tersebut palsu atau bukan batu akik.
  • Membeli mahal batu akik yang tingkat kekerasannya rendah. Batu cincin yang mudah tergores ketika di gesek menandakan batu akik tersebut masih belum sempurna terbentuk dan biasanya batu jenis ini tidak tembus cahaya atau tembus cahaya tapi tidak terlalu dalam. Membeli batu akik yang masih lembut atau mudah retak/ mudah tergores akan mengurangi nilainya karena batu seperti ini mudah sekali tergores dan meninggalkan cacat pada bentuk akiknya.
  • Membeli batu akik buatan pabrik, bukan hasil alam. Saat ini ada banyak beredar batu akik yang terbentuk bukan asli dari alam tapi sengaja dibuat oleh pabrik-pabrik untuk meniru keindahan batu akik asli. Harganya pun cukup murah, rata-rata dijual ratusan ribu rupiah saja per bahan mentah ukuran kecil.


Cara membedakan batu akik asli dan palsu.

Memang cara yang paling akurat untuk membedakan batu akik palsu atau asli adalah dengan menguji kandungan mineral nya pada laboratorium. Namun disini penulis akan memberikan beberapa tips mudah yang dapat Anda gunakan untuk mengetes apakah batu akik yang hendak/ sudah Anda beli Asli atau palsu, yaitu :

1. Cobalah untuk menyenteri batu akik tersebut. Anda bisa menggunakan lampu senter biasa atau senter khusus untuk batu akik. Jika tidak Ada, gunakan cahaya matahari yang terik supaya cahaya yang menembus batu akik terlihat lebih jelas. Batu akik asli pastilah tembus cahaya.

2. Coba gesekkan dengan benda keras, misalnya dengan silet atau benda keras lainnya. 
Gunakan cara ini pada bahan mentah batu akik karena jika diterapkan pada batu yang sudah berbentuk mata cincin, lalu ada goresan pada batu akik tsb, bisa-bisa Anda dimarahi oleh penjual batu akik nya atau malah disuruh ganti. Kalau bahan (rough) tsb mudah tergores berarti kualitas batu nya tidak/ kurang bagus dan kalaupun nanti sudah menjadi cincin maka mudah sekali tergores bila ada benturan/ gesekan sehingga dapat mengurangi keindahannya.

Untuk batu akik yang sudah jadi mata cincin, coba lihat sekilas apakah terdapat goresan dipermukaannya atau tidak. Batu akik yang kualitasnya bagus jarang ada goresan di permukaannya karena semakin bagus kualitas nya maka tingkat kekerasan batu akik semakin tinggi.

3. Gunakan alat pengukur tingkat kekerasan atau diamond detector. 
Cara yang lebih akurat untuk mengukur tingkat kekerasan batu adalah menggunakan diamond selector ini. Biasanya kalau Anda datang ke sentra penjualan batu akik, ada penjual batu akik yang menawarkan jasa uji tes kekerasan batu dengan biaya 50 rb rupiah. Tingkat kekerasan batu akik digambarkan kedalam skala mohs. Tingkat kekerasan batu akik asli biasanya berkisar pada angka 7 skala mohs.

4. pada batu akik badar besi, cobalah mendekatkankannya pada magnet. Biasanya akan timbul gaya tarik-menarik antara batu badar besi dengan magnet tsb. Hal itu terjadi karena pada batu badar besi terdapat kandungan besi (fe) didalamnya. 

5. Menggunakan batu akik asli untuk memencet tombol pada perangkat layar sentuh semisal tablet, hp layar sentuh. 

6. Lihat serat yang ada pada batu akik tsb. Batu akik asli umumnya memiliki serat didalamnya karena ada bagian yang proses mengkristalnya belum sempurna. Karena itu aneh jika ada batu akik asli yang sangat bening tidak ada serat didalamnya apalagi dijual dengan harga ratusan ribu saja. Kemungkinan terbesar itu adalah batu akik palsu yang dibuat oleh pabrik. Batu palsu tersebut adalah hasil proses sintesis dan biasa dikenal dengan sebutan bacin (batu cina). 

7. gunakan korek api atau mancis, bakar batu akik dengan api. Jika panas yang diterima cepat hilang/ batu cepat dingin kembali maka  kemungkinan itu adalah batu akik asli sebab batu akik palsu cukup lama menyimpan panas. 

Demikianlah tulisan lengkap kami mengenai cara mudah dalam mengetes batu akik asli atau palsu. Jika Anda mengcopy tulisan di web ini harap ingat untuk menyebutkan sumber aslinya dan membuat link ke website ini.

Salam,






Cara mudah mengetes batu akik asli atau palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tokobelanjaonlinemurah dotcom