syarat dan cara membuat kartu kredit secara online | panduan umum

Disamping segala kontroversi tentang kepemilikan kartu kredit, tak bisa dipungkiri bahwa memang kartu kredit bisa memberikan kemudahan bagi penggunanya. Bagaimana sebenarnya syarat umum dan cara umum dalam membuat kartu kredit secara online, yang bisa diterapkan ke semua bank? 

Menentukan jenis kartu kredit dan bank penerbit kartu kredit

Ada banyak macam kartu kredit, pun dari berbagai jenis bank. Beberapa diantara bank tersebut adalah : Bank mandiri, BNI, BRI, BII, Bank Bukopin, Bank Danamon, Bank HSBC, BCA, BTPN, dan masih banyak lagi. Untuk menentukan mana bank penyedia kartu kredit yang akan kita pilih, sangat diperlukan suatu pertimbangan yang matang dengan cara membandingkan fitur, benefit yang akan kita dapat dari produk kartu kredit yang ditawarkan, serta persyaratan dan ketentuan yang pihak bank haruskan, sehingga keputusan yang kita buat menjadi keputusan yang tepat.

Salah satu yang perlu dipertimbangkan misalnya pendapatan minimum yang dipersyaratkan untuk membuat suatu kartu kredit. Paling rendah pendapatan minimum perbulan biasanya Rp 3 juta atau per tahun 36 juta rupiah. Ada juga yang syarat pendapatan minimum nya sebesar 5 juta rupiah per bulan, bahkan ada yang sampai 25 juita per bulan.

Pengajuan kartu kredit Online

Mengajukan aplikasi permohonan pembuatan kartu kredit saat ini bisa secara online. Keuntungan apply secara online ini antara lain : menghemat waktu, menghilangkan jarak tempuh untuk datang langsung ke bank penyedia kartu kredit, mempersingkat alur sehingga aplikasi permohonan yang Anda isi bisa langsung sampai ke pihak bank yang akan mereview permohonan Anda tersebut (dibandingkan jika mengirim aplikasi lewat kantor pos atau jasa ekspedisi ke card center bank yang bersangkutan).

Syarat pengajuan kartu kredit secara umum

Persyaratan utama untuk membuat kartu kredit biasanya adalah : usia calon penerima kartu kredit, pekerjaan, dan minimum penghasilan.

Usia pemegang kartu kredit di Indonesia, untuk kartu utama, menurut peraturan Bank Indonesia adalah 21 tahun atau 18 tahun bagi yang sudah menikah. Tapi jika Anda ingin membuat kartu kredit untuk Anak Anda (kartu tambahan), bisa kok, asalkan anak Anda tersebut sudah berusia 17 tahun atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Pekerjaan yang dipersyaratkan untuk kepemilikan kartu kredit tentu saja pekerjaan yang memiliki penghasilan tetap dan lazim memiliki penghasilan yang cukup. Karena dengan mengetahui pekerjaan Anda, pihak bank bisa melihat apakah Anda bisa membayar tagihan kartu kredit perbulannya atau tidak.

Adapun untuk penghasilan minimal calon pemilik kartu kredit, saat ini sebesar 3 juta rupiah per bulan. Untuk jenis kartu biasanya jenis kartu kredit yang silver (regular card). Perlu diingat bahwa jenis kartu kredit itu bermacam-macam, misalnya ada yang kartu kredit silver adapula yang gold. Jadi jika saat ini penghasilan tetap Anda kurang dari 3 juta per bulan maka kemungkinan besar Anda belum bisa mengajukan aplikasi pembuatan kartu kredit.

Dokumen yang diperlukan dalam membuat kartu kredit

a. Jika pekerjaan Anda karyawan. Dokumen yang harus disertakan : fotokopi identitas diri (KTP/ Paspor & KITAS untuk WNA), Bukti penghasilan (slip gaji/ SKP atau surat keterangan penghasilan/ SPT/ rekening koran atau rekening tabungan 3 bulan terakhir).
b. Jika pekerjaan Anda wirausaha maka sertakan dokumen : fotokopi identitas diri, bukti penghasilan, dan ditambah dengan fotokopi akta pendirian usaha/ SIUP/ TDP.


Tambahan untuk PNS/ TNI/ POLRI, biasanya harus juga menyertakan surat keputusan pengangkatan.

Lain lagi bagi yang sudah memiliki kartu kredit, biasanya cukup fotokopi kartu kredit yang sudah dimiliki beserta asli biling tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Cara Apply Kartu Kredit Online secara umum

Setelah Anda menentukan kartu kredit dari bank mana yang hendak Anda buat, langkah selanjutnya adalah langsung ke website resmi dari bank penerbit kartu kredit yang Anda pilih tersebut. Lampirkan dokumen pendukung sesuai dengan pekerjaan Anda, status keuangan, dsb.

Masing-masing bank penyedia kartu kredit biasanya kan memiliki website resmi, nah misalnya kita ingin membuat kartu kredit secara online dari bank mandiri. Silahkan buka alamat website resmi mereka disini. Perlu diingat bahwa persyaratan penghasilan minimum Anda adalah 3 juta per bulan.

Demikianlah info mengenai syarat-syarat apa saja yang harus kita penuhi beserta dokumen pendukung nya ketika kita ingin membuat kartu kredit. Juga bagaimana cara umum dalam membuat kartu kredit secara online. Adapun bagaimana cara membuat kartu kredit khusus untuk bank tertentu, akan saya lanjutkan di tulisan berikutnya. Terimakasih.

syarat dan cara membuat kartu kredit secara online | panduan umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deni wahyudi