jenis dan macam batu akik populer di Indonesia

Apa saja Jenis atau macam batu akik? Batu akik juga termasuk kedalam jenis batu mulia. Nama batu akik termahal di Indonesia yaitu : batu bacan, batu akik kalimaya, batu akik giok, batu akik sulaiman, batu akik lavender, batu akik pancawarna, dan batu akik darah. Harga batu akik tersebut memang tidak murah, bisa sampai ratusan juta, alasannya tentu saja karena langka, sejarah historis yang melekat sehingga dianggap sebagai batu akik bertuah, serta  memiliki kualitas terbaik dalam hal warna, tingkat kekerasan atau tingkat kekristalan, maupun motif.

Fungsi batu akik pada umumnya yaitu sebagai perhiasan. Sekarang ini dapat kita lihat banyak sekali masyarakat, baik dari kalangan masyarakat kecil, pejabat, anggota dewan, dan artis, yang memakai batu akik ini. Tidak cukup punya satu, bahkan banyak yang punya koleksi batu akik sendiri. Ibu-Ibu bahkan anak-anak pun sudah banyak yang memakai batu akik. Selain itu, tidak hanya jual batu akik secara konvensional bahkan sampai  ada toko online batu akik juga.  Ada juga batu cincin / batu akik ini yang dianggap mempunyai khasiat tersendiri. Khasiat batu akik misalnya untuk pengobatan, untuk pengasihan, dll.

Saya juga termasuk penggemar batu akik. Tapi baru sih, baru di awal tahun 2015. Dulu batu akik memang identik dengan orang tua, atau identik dengan dukun.  Makanya anak muda jarang yang mau pakai batu cincin, cewek-cewek banyak yang ilfiil kalau liat cowok pakai batu akik. Kayak aki-aki (kakek-kakek) katanya. Hehe…. Itu dulu, beda kalau sekarang. Sekarang ini bentuk cincin batu ini dapat disesuaikan dengan selera, mau yang kecil, besar, agak tinggi atau pendek, tinggal pesan ke pengrajin atau pengasah batu cincin yang saat ini banyak sekali yang menawarkan jasanya. Warnanya juga bervariasi. Tinggal pilih mau yang warna hijau, biru, ungu, merah, kuning, hitam, dll. Terus juga dari bentuk atau model ring/ cincinnya (biasa juga disebut emban)  yang beraneka ragam bentuk dan bahan, mulai dari yang berbahan perak, titanium, rhodium, dll.

Setahu saya awal mula booming nya batu akik ini gara-gara katanya batu akik Indonesia ini dipakai presiden Amerika serikat, Barrack Obama. Waktu Presiden SBY jumpa Obama di Indonesia, batu bacan dihadiahkan ke Obama sebagai cinderamata. Dan tak heran jika kemudian ketika Konferensi Asia Afrika di Bandung, Indonesia, awal tahun 2015, batu akik juga merupakan salah satu cinderamata untuk delegasi atau perwakilan negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika saat itu. Jenis batu akiknya adalah batu akik pancawarna.

Batu akik memang indah dan menarik. Tembus katanya. Bening. Itulah mengapa banyak orang yang suka. Batu akik termasuk kedalam jenis batuan mulia. Batu mulia lainnya misalnya :  ruby, Saphire,  dan berlian. Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara menentukan harga batu perhiasan? Jawabannya yang paling penting adalah dari tingkat kekerasannya. Yang paling keras itu batu berlian (diamond) sehingga harganya pun paling mahal. Kemudian saphire dan ruby, terus yang paling lemah tingkat kekerasanya ya batu akik. Untuk lebih tepat pengukurannya bisa memakai alat ukur kekerasan batu perhiasan yang sering disebut dengan diamond selector.

Proses pembentukan batu akik memerlukan waktu yang lama, bisa sampai ratusan juta tahun. Batu akik yang bening seperti kaca tersebut sebenarnya adalah kumpulan mineral yang mengkristal. Jadi kalau ada batu akik yang tidak tembus, sebenarnya itu mah batu biasa.

Berikut ini jenis-jenis batu akik yang sering diburu para penggemar batu cincin di Indonesia :

1. Batu Bacan.


2. Batu Akik Kalimaya


3. Batu Akik Giok


4. Batu Akik Sulaiman


5. Batu Akik lavender



6. Batu Akik Pancawarna


7. Batu Akik Darah


8. Batu Akik pupis (Pucuk Pisang)


Gimana? ada yang ketinggalan nggak?



jenis dan macam batu akik populer di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deni wahyudi