Batu Akik Sungai Dareh Pucuk Pisang. Batu Hijau dari sumatera barat

Satu lagi batu akik hijau asli dari sumatera, pucuk pisang namanya. Sepintas memang terlihat seperti hijaunya daun pisang yang masih muda. Asal batu cincin ini tepatnya di sungai dareh. Termasuk kedalam kelompok batu giok, batu akik pucuk pisang mempunyai ciri khas yang membedakan dengan jenis batu akik ataupun batu giok lainnya.

gambar batu akik pucuk pisang sungai dareh

Batu akik pucuk pisang memang termasuk jenis batu akik yang memiliki harga jual yang tinggi. Kualitas kelas atas. Ciri-ciri batu akik ini yang paling kentara adalah warnanya hijau, agak sedikit kekuning-kuningan. terdapat motif yang unik dan cantik. Untuk yang sudah mengkristal (kualitas super), harganya akan jauh lebih mahal daripada yang tembus tapi belum mengkristal. Tentu saja bahan mentah (rough) batu akik pupis kristal cukup langka. Harganya bervariasi mulai dari 100 ribuan sampai yang miliaran, tergantung tingkat kekistralan, warna, dan motif.

Sungai dareh sendiri merupakan suatu daerah di kabupaten Dharmasraya, Padang, sumatera Barat. Disana sebenarnya sudah ditemukan batu pupis ini sejak sekitar 50 tahun yang lalu. Namun baru 10 tahun ini populernya. Sebenarnya di sungai dareh ada sekitar 40-an jenis batu akik hijau. Tapi ada tiga yang paling mahal harga jualnya, salah satunya adalah batu akik pucuk pisang.

Khasiat batu sungai dareh pucuk pisang


Pertama kali saya beli bahan mentah batu jenis indocrase ini adalah bongkah batu ukuran sekitar 5 x 3 cm, 75 ribu. Bisa untuk 4 batu cincin yang sudah jadi ukuran sedang. Warna nya agak hijau tua, kualitasnya memang bukan yang super. Tapi lumayan lah mengingat lokasi ku tinggal memang bukan di sentra penjualannya. di batunya, ada motif bintik-bintik agak lebih hijau tua.

Sebagai informasi, warna batu cincin pucuk pisang yang kualitas nya paling bagus adalah yang berwarna hjau, mengarah ke warna kuning. Wajar saja jika warnanya sering dibandingkan dengan batu akik jenis solar.

Yang terasa ketika memakai batu pucuk pisang ini adalah pikiran lebih tenang, emosi lebih stabil.  Mungkin karena warnanya hijau dan bermotif, jadi seperti selaras dengan alam sehingga bisa mengurangi stres.

Lalu gimana sih cara merawat batu sungai dareh pucuk pisang dengan mudah?


·         Bersihkan batu cincin dengan air sabun yang ringan
·         Selain dicuci, juga bisa di oles menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Baby oil mudah kok belinya, di kebanyakan mini market ada tuh baby oil dengan berbagai merek. Cari di kumpulan rak produk-produk untuk bayi, seperti shampo bayi, dsb (jangan ke toko bangunan ya, hehe)
·         Lebih mantep lagi kalau masuk salon, alias di gosok pakai kertas intan, supaya tambah kinclong.
·         Ini yang gue suka, tinggal masukin tuh batu ke kulkas (ini serius ya!). coba deh praktekin. Nanti kerasa lebih mengkristal dan lebih tembus tuh batu cincin. Malem-malem sebelum tidur tarok aja di kulkas, siangnya bisa dipake.

Bagaimana pendapat Anda mengenai tulisan saya mengenai batu akik pucuk pisang dari Sungai Dareh ini? Semoga dapat bermanfaat!


Salam,

Batu Akik Sungai Dareh Pucuk Pisang. Batu Hijau dari sumatera barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deni wahyudi